Kota Batu Replikasi Program Kepuasan Publik Pemprov Jatim
Pj Walikota Batu Aries Agung Paewali (sedang menandatangani dokumen) bersama Kabiro Organisasi Serdaprov Jatim Ramliyanto (foto. Dok Pemkot Batu).
Batu, 45news.id – Dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menerapkan replikasi Survei Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (SuKMa-e Jatim). Penerapan salah satu inovasi pelayanan publik Biro Organisasi Setda Jawa Timur ditandai dengan penandatanganan komitmen dan penerapan replikasi antara Pj. walikota Batu Aries Agung Paewai dan Kabiro Organisasi Setdaprov Jatim Ramliyanto, Rabu (15/2).
Menurut Ramliyanto, SuKMa-e Jatim adalah program inovasi yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna layanan terhadap pelayanan publik. Hasilnya, menurut salah satu birokrat muda Pemprov Jatim ini, dapat menjadi bahan evaluasi bagi peningkatan kualitas layanan.
Selain itu melalui paparan
materinya yang bertajuk “Pengembangan ekosistem, inovasi, reformasi dan core
values berakhlak Kota Batu” Ramliyanto menyatakan reformasi birokrasi merupakan
sebuah proses. Untuk mewujudkannya dibutuhkan beberapa tahapan dari identifikasi
kebutuhan dn masalah hingga mencari solusi yang kongkrit.
Acara yang dilaksanakan di
Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani,6 Kota Batu ini bersamaan dengan
penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas 2023 SKPD Kota Batu.
Dalam sambutan yang
disampaikannya,. Pj. Walikota yang juga Kepala BPSDM Jawa Timur ini menyatakan
perlunya tata kelola dan kolaborasi dalam pengelolaan SDM di lingkungan Pemkot
Batu. Menurutnya potensi luar biasa yang dimiliki SDM Pemkot Batu perlu
dikelola dengan baik agar menghasilkan kekaryaan dasyat yang diharapkan
masyarakat.
Pada bagian lain, terkait
dengan event yang dilaksanakan, Aries menyatakan, “Dengan penandatanganan
Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas 2023 SKPD Kota Batu ini, mari kita
membuka lembaran baru untuk melangkah ke depan. Melalui SukMa-e, Tim Biro
Organisasi Setdaprov Jatim ingin membantu kita melakukan perubahan. Dengan
komitmen bersama tidak ada yang tidak mungkin.
Apresiasi dan Peringatan
Apa yang dilakukan Aries ini
mendapat apresiasi dari Fardik Rudiyanto, pengamat komunikasi publik dari
Perkumpulan Mitra Publik Indonesia (MPI).
“Kami mengapresiasi langkah
Pak Aries selaku Pj Walikota Batu yang berani melakukan terobosan reformasi
birokrasi berbasis partisipasi masyarakat. Ini sesuai dengan kultur masyarakat
Batu. Ini langkah awal yang patut didukung semua pihak,” ungkap Fardik yang
juga aktivis kebudayaan Malang.
Pada bagian lain Fardik
juga mengatakan pola komunikasi Pj Walikota Batu ini cocok dengan pola
komunikasi masyarakat Kota Batu yang cukup akomodatif dan guyub rukun.
Hal senada juga disampaikan
oleh beberapa masyarakat Kota Batu, salah satunya Arief Erwinandi. Aktivis
lingkungan dan kebencanaan ini menilai walau belum terlalu lama memimpin Kota
Batu, Aries menunjukkan sikap mau mendengar dan belajar dari beberapa elemen
masyarakat Kota Batu.
Namun walaupun demikian,
Fardik tetap mengingatkan agar Aries terus menyelami berbagai permasalahan yang
ada di Kota Batu. Menurutnya dibalik kesejukan sebagai kota wisata berbasis
alam, nuansa dinamis dalam komunikasi antar elemen tetap ada (yos/er).
Belum ada Komentar untuk "Kota Batu Replikasi Program Kepuasan Publik Pemprov Jatim"
Posting Komentar